Spot Iklan Utama

Alt/Text Gambar

IDFL.me Radio



Windows Media Player Real Player Winamp iTunes

Kubu Raya Maksimalkan Potensi Kepiting Bakau

Label: ,

Sungai Raya (Antara Kalbar) - Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Kubu Raya berjanji akan memaksimalkan potensi kepiting bakau yang ada pada beberapa kecamatan di kabupaten itu.

"Sejak tahun 2012 lalu, pemkab Kubu Raya mulai membudidayakan kepiting bakau tapi, karena keterbatasan anggaran pelaksanaannya kurang maksimal. Namun, kita tetap akan berusaha untuk memaksimalkan potensi ini karena memang sangat menjanjikan," kata kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kubu Raya, Djoko di Sungai Raya, Jumat.

Dia berharap, dengan adanya pengembang biakan kepiting bakau itu dapat meningkatkan perekonomian dan mempercepat pembangunan bagi masyarakat pesisir Kubu Raya.

"Sudah banyak pihak yang mengakui kalau kepiting Kubu Raya lebih bagus dibanding daerah lain. Selain dagingnya padat, ukurannya juga besar sehingga memiliki kualitas ekspor," tuturnya.

Dia menjelaskan, guna mengembangkan potensi kepiting dan udang galah yang ada, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Kubu Raya melibatkan Pemprov Kalbar dan Departemen Kelautan dan Perikanan RI.

Djoko mengatakan, prospek perikanan Kubu Raya memang sangat menjanjikan. Sebab, sebagai daerah yang sebagian besar daerahnya berada di kawasan pesisir pantai dan perairan, menjadikan kabupaten ini sebagai salah satu daerah perikanan yang memiliki peran besar bagi Kalbar.

Tidak hanya potensi perikanan ikan air tawar dan air asin yang bisa diandalkan, kepiting dan udang galah juga menjadi salah satu varian perikanan yang memiliki prospek bagus untuk dikembangkan.

Dia juga menjelaskan, kualitas kepiting dan udang galah di Kubu Raya sangat dipengaruhi oleh kondisi geografis dan alam di Kubu Raya. Hal itu mengakibatkan pertumbuhan habitat ikan dan sejenisnya memiliki karakteristik tersendiri.

Namun, dia menyadari selama ini kebiasaan masyarakat yang menangkap kepiting dari alam, bisa berpengaruh pada populasi kepiting itu sendiri. Dikhawatirkannya, jika tidak diantisipasi sedini mungkin, bisa mengakibatkan kepunahan kepiting. Jelas ini nantinya akan sangat berpengaruh pada kondisi dan ekosistem yang ada.

"Untuk itu, mulai tahun ini kita akan melakukan pengembangbiakan kepiting di beberapa lokasi yang cocok untuk pembiakannya, seperti Kecamatan Kubu dan sekitarnya," katanya 

Selain sebagai langkah menyelamatkan habitat kepiting, juga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Mengingat prospek kepiting dan udang galah ke depan masih sangat baik.

"Bayangkan saja, kalau kita makan di restoran, satu porsi kepiting mencapai puluhan bahkan ratusan ribu. Peluang ini yang akan kita tangkap," tuturnya.

Sumber: click!





0 komentar:

Posting Komentar