Spot Iklan Utama

Alt/Text Gambar

IDFL.me Radio



Windows Media Player Real Player Winamp iTunes

Penyusunan APBD Di Kalbar Belum Tepat Waktu

Label:

Pontianak (Antara Kalbar) - Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat M Zeet Hamdy Assovie menuturkan proses penyusunan APBD di kabupaten/kota di wilayah itu rata-rata masih belum tepat waktu.
 
"Sampai saat ini, ada tiga kabupaten/kota yang belum dilakukan evaluasi terhadap Raperda Pertanggungjawaban APBD Tahun 2013," kata M Zeet saat rakor pengelolaan keuangan daerah kabupaten/kota se-Kalbar di Pontianak, Kamis.
 
Ketiga daerah tersebut yakni Kota Singkawang, Kabupaten Pontianak dan Kabupaten Kayong Utara.
 
Sedangkan terhadap APBD Perubahan Tahun 2014, yang sudah dievaluasi baru dua daerah yakni Kabupaten Bengkayang dan Sintang.
 
Namun, lanjut dia, tidak tepat juga kalau kelambatan tersebut mutlak kesalahan pihak eksekutif. Menurut dia, pihak legislatif juga berperan karena anggaran daerah merupakan produk legislatif dan eksekutif.
 
"Tapi kurang bijak pula kalau masing-masing saling melempar tanggung jawab atas kelambatan tersebut," ujarnya.
 
Ia melanjutkan, harus diakui dalam tataran pemerintah pusat, seringkali terdapat disinformasi antara beberapa produk peraturan terhadap suatu objek permasalahan.
 
"Hal ini tentu saja berdampak kepada perbedaan persepsi antara pihak eksekutif dan legislatif," kata dia.
 
Rakor tersebut diharapkan dapat memberi pencerahan atas berbagai permasalahan pengelolaan keuangan daerah. Baik dari perencanaan, penatausahaan, sampai dengan pelaporan keuangan daerah.
 
"Penyusunan anggaran diharapkan tepat waktu agar dapat segera dilaksanakan atau direalisasikan," katanya.
 
Sehingga, ia menambahkan, masyarakat dapat langsung segera merasakan dampak dari pembangunan yang dilaksanakan. "Kepuasan masyarakat terhadap hasil-hasil pembangunan itu sendiri merupakan wujud indikator kinerja APBD yang lebih baik," ujar M Zeet Hamdy.

0 komentar:

Posting Komentar